Kamis, 18 Mei 2017

Seni Opera

1. Pengertian Opera

Opera adalah sebuah bentuk seni, dari pentasan panggung dramatis sampai pentasan musik.Dalam mementaskan sandiwara, opera memakai elemen khas teater seperti pemandangan, pakaian, dan akting. Namun kata-kata dalam opera dinyanyikan tidak dituturkan. Penyanyi ditemani oleh ansambel musik, dari ansambel pembantu yang kecil hingga orkestra simfoni penuh.

Opera tradisional terdiri atas dua mode nyanyian: resitatif, deklamasi, dan nyanyian, yang menunjuk kepada bagian tunggal yang dinyanyikan. Opera dinyanyikan biasanya dengan suara yang tinggi. Bagian yang dinyanyikan yang pendek juga diserahkan ke sebagai ariosos. Masing-masing macam nyanyian ditemani di samping alat musik. Peran-peran yang dibawakan penyanyi opera ditentukan oleh "fach" penyanyi tersebut. Fach pada penyanyi pria dapat dibedakan menjadi "tenor", " baritone", dan "bass". Untuk penyanyi wanita "soprano", " mezzo-soprano", dan "contralto".

Masing-masing fach ini mempunyai sub-bagian, seperti coloratura/leggiero, "lyric, "spinto, dan "dramatic". Penyanyi sopran yang menghubungkan suara penyanyi dengan tugas paling cocok untuk warna nada suara dan kualitas.Seni visual, seperti melukis, dilaksanakan untuk membuat tontonan visual di panggung, yang dianggap sebagai sebagian penting pentasan panggung.Akhirnya, menari sering dianggap bagian dari pementasan opera. Oleh karena itu, terkenal opera penggubah Richard Wagner menunjuk kepada gaya sebagai Gesamtkunstwerk, atau karya seni satu padu.

2. Sejarah Opera

Terdapat banyak perbandingan bentuk seni dari lain-lain jenis teater opera di dunia dan kebanyakannya berasal dari seni lama atau purbakala yang kadang-kala juga dipanggil “opera” sebagai analogi kepada pembuka kata adjektif merujuk kepada bahagian-bahagian dunia yang lain seperti opera Cina . Tradisi bebas begini (contohnya opera cina) tidak diambil dari opera Eropa dan ia juga berbentuk agak berbeza dengan teater muzikal. Opera bukanlah hanya satu-satu jenis teater muzikal barat; di dalam dunia kuno pementasan lakonan Greekada juga nyanyian yang ditemani dengan alat-alat musik; dan juga di masa kini, terdapat juga bentuk teater muzikal contohnya “Broadway".


Opera, merupakan bagian integral dari tradisi musik klasik Barat, merupakan perpaduan yang indah dari musik, tari dan drama. Ini adalah bentuk seni dimana penyanyi dan musisi yang sangat indah memasang karya dramatis di atas panggung. Sebuah gedung opera adalah teater yang terdiri dari panggung, sebuah orkes, belakang panggung fasilitas dan tempat duduk untuk penonton yang digunakan untuk pertunjukan opera. Opera memiliki sejarah yang mulia yang dimulai dengan karya-karya populer oleh Monteverdi, Purcell dan Cavalli dari abad ketujuh belas dan berkisar sampai ke abad kedua puluh karya Messiaen, Berio, Adams dan lain-lain.

Seorang komposer Italia dan penyanyi, dianggap sebagai komposisi opera awal. Ini sebagian besar terinspirasi oleh lingkaran elit humanis Firenze. Orkestrasi dari Dafne terdiri dari harpsichord, kecapi, biola, sebuah seruling triple dan sebuah archlute. Sayangnya, belum ada yang mampu melacak sampai tanggal. Euridice, sebuah karya dari komposer yang sama telah selamat dan merupakan salah satu opera kuno yang masih hidup hari ini. Euridice disusun untuk pernikahan Henry IV dan Maria de Medici. 

Dengan 1637, opera tidak hanya terbatas ke pengadilan. Pertunjukan publik opera telah dimulai. Mereka segera memperoleh gaya mereka sendiri dan mulai mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Namun, opera harus menghadapi kritik dari beberapa kalangan masyarakat, yang percaya bahwa ia telah kehilangan kemurniannya dramatis. Ada ketakutan di kalangan orang-orang tertentu bahwa opera mungkin kehilangan bentuk aslinya. Bel Canto, harfiah ‘bernyanyi indah’ yang berarti, adalah sebuah opera Italia yang membutuhkan kelincahan dan kontrol pitch untuk kinerja. Ia menerima dorongan yang lebih besar dalam abad kesembilan belas, menghapus kritik dan ketakutan dalam pikiran massa.


3. Musik Opera
  • Opera tradisional terdiri atas dua mode nyanyian: resitatif, deklamasi, dan nyanyian, yang menunjuk kepada bagian tunggal yang dinyanyikan (solo opera).
  • Dalam music opera, para penyanyi di pementasan memakai lirik yang berupa perkataan atau naskah tetapi dinyanyikan. Libreto adalah teks yang digunakan dalam karya musik lanjutan seperti "skrip" peranan dan komposer untuk opera. Di dalam opera terdapat kolaborasi antara dramawan dan komponis.
  • Opera dimainkan pada zaman Renaissance (abad pertengahan) pada 1500-1600. Zaman Renaisance adalah zaman setelah abad Pertengahan, Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi.
  • Opera dinyanyikan biasanya dengan suara yang tinggi. Bagian yang dinyanyikan yang pendek juga diserahkan ke sebagai ariosos. Masing-masing macam nyanyian ditemani di samping alat musik. Penyanyi dan peran mereka bermain disusan menurut golongan menurut tinggi dari suara mereka.

Penyanyi pria digolongkan menjadi:
  • Bass ; ambitus terendah pada suara pria
  • bass-baritone ; suara kuat dan batas atas dari ambitus bass.
  • Tenor ; ambitus tertinggi di kelasnya yakni suara pria, memiliki berkarakteristik jantan dan bertenaga
penyanyi wanita digolongkan menjadi:
  • Contralto; tipe suara terendah untuk seorang wanita
  • mezzo-soprano; suara wanita yang lebih rendah dari sopran namun lebih tinggi dari kontralto
  • soprano ; jenis suara wanita berambitus tinggi yakni di antara nada C1 sampai C3

Opera diiringi dengan musik orchestra yang terdiri dari; biola, cello, piano, brass, flute, piccolo, dll. 
opera dapat digolongkan dalam drama musikal. Dalam opera dialog para tokoh dinyanyikan dengan iringan musik orkestra dan lagu yang dinyanyikan disebut seriosa. Di sinilah letak perbedaan dasar antara Kabaret dan opera. Dalam drama musikal kabaret. Tokoh-tokoh utama opera menyanyi untuk menceritakan kisah dan perasaan mereka kepada penonton. Biasanya juga berupa paduan suara.

4. Gedung Opera

Gedung opera adalah bangunan teater dimana opera dipentaskan. Meskipun teater ini dibangun khusus untuk pementasan opera, namun seni lainnya juga ditampilkan di gedung opera. Contoh gedung opera yang sering menampilkan seni lain adalah Gedung Opera Sydney. Gedung-gedung opera terkenal dunia juga sering mementaskan opera yang diikuti dengan satu sesi tarian balet. Gedung opera yang pertama kali dibuka untuk umum adalah Teatro San Cassiano di Venesia, Italia yang dibuka pada tahun 1637.

Gedung Opera Sydney

Macam-macam  gedung opera:
  • Gedung Opera Sydney merupakan salah satu landmark Australia, atau lebih tepatnya landmark kota Sydney. 
  • Bolshoi Theatre, Moskow, Rusia
  • Palais Garnier, Paris, Prancis


Ciri-ciri rumah opera:
  • rumah-rumah opera kebanyakannya bersaiz besar dan kebiasaannya mempunyai lebih dari 1,000 tempat duduk penonton. Kebanyakan rumah-rumah opera ternama boleh menampung hingga beribu-ribu penonton dalam satu-satu persembahan. Untuk opereta (opera berskala kecil) pula, ia boleh dipersembahkan di teater-teater yang lebih kecil.
  • auditorium untuk rumah opera adalah berbentuk U dengan kepanjangan yang menentukan jumlah tempat duduk penonton. Di sepanjang dinding-dinding auditorium pula, terletak kotak-kotak yang terdiri dari serambi – serambi penonton yang asalnya dibuat untuk wanita - wanita kaya agar mereka boleh duduk dengan senang-lenang di dalam baju gaun yang besar di bahagian bawah pinggang.
  • Rumah-rumah opera penting di seluruh dunia kebiasaannya mempunyai pentas besar yang dilengkapi dengan mesin-mesin pengangkat berat untuk menukar set-set latar belakang dan struktur dalam pementasan opera.
  • Persembahan opera kebiasaannya dibuat di dalam bahasa asal, yang mungkin berbeza daripada bahasa pertama para penonton. Oleh itu, sesetengah rumah-rumah opera masakini telah mula memasang skrin untuk memaparkan teks-teks opera untuk pemahaman para penonton.


5. Pementasan Opera

Ada berbagai  unsur-unsur dalam pertunjukan dan pementasan opera, contohnya:

  • Tempat pementasan diikuti dengan susunan tempat duduk penonton dan pit pemain orkestra. Oleh itu, tidak semua "teater" boleh digelar sebagai "rumah opera".
  • orkestra untuk opera boleh melebihi dari 100 orang pemain muzik. Selain itu, setiap persembahan opera mempunyai ramai para pelakon, penyanyi korus, penari dan lain-lain.
  • suara-suara opera adalah suara nyanyian langsung dan bukan suara menggunakan alat-alat amplifier atau kesan suara yang akan mengubah nilai-nilai suara opera sehingga tidak ada alat-alat system bunyi yang besar dan canggih.
  • Ada sebuah cerita atau alur yang diceritakan dalam sebuah nyanyian 
  • Pemain dan penyanyi opera memakai kostum yang sesuai dengan peran yang dimainkan dalam pementasan opera.



Contoh-contoh pementasan opera yang terkenal:

  • A Night At The Chinese Opera (1987) didasarkan dari cerita Tiongkok Yuan Dynasty
  • The Medium (1946) oleh Gian Carlo Menotti
  • Hansel and Gretel (1893) oleh Engelbert Humperdinck
  • Anna Bolena (1830) karya sukses pertama Gaetano Donizetti
  • Agrippina (1710) oleh Handel
  • L’Orfeo (1607) oleh Claudio Monteverdi dianggap sebagai pementasan opera paling pertama
A Night At The Chinese Opera

6. Penyanyi

Contoh-contoh penyanyi seriosa (opera) yang terkenal adalah;

  • Adelina Patti 1843-1921 

Terlahir sebagai Adela Juana Maria Patti, mempunyai suara yang amat menyenangkan dan kualitas tak terbatas, yang tak tertandingi adalah bel canto technique nya, dia dianggap salah satu penyanyi opera terbaik, dan soprano terkenal dalam sejarah . 

  • Enrico Caruso 1873-1921, 

Bersuara tenor dan penyanyi opera Italia yang signifikan. Sewaktu kecil, ia bernyanyi dalam paduan suara gereja, kafe dan bahkan di jalan-jalan , untuk mendapatkan uang tunai. rekor penjualannya yang fantatis, suara mencolok dan karir musik selama 25 tahun (1895 - 1920), membuatnya salah satu bintang opera pria terbaik di jamannya. 


  • Luciano Pavarotti 1935-2007 

Pada usia 19 , ia mulai belajar musik dengan Arrigo Pola , seorang tenor profesional di Modena . Pada tahun 1955, ia berhasil menyanyi dengan sukses untuk pertama kalinya, sebagai anggota Rossini Choral, sebuah paduan suara pria dari Modena, dan memenangkan hadiah pertama pada Eisteddfod Internasional di Llangollen, Wales.Ia bertemu dengan Adua Veroni, yang dinikahinya pada tahun 1961 Pavarotti memulai karirnya di rumah-rumah opera kecil di Italia sebagai penyanyi tenor ia menjadi populer, ketika dia membawakan Giacomo Puccini 's aria , ' Nessun Dorma ' dari Turandot, yang digunakan sebagai lagu tema liputan TV BBC Piala Dunia 1990 di Italia. 



Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Opera

http://giddyguides.blogspot.co.id/2016/03/aliran-musik-opera.html

2 komentar:

  1. Blog yang menarik.... saya teringat Maria Callas, ia pernah berkata: "Setelah setiap pertunjukkan saya akan berpikir tentang hal-hal yang dapat dilakukan lebih baik, untuk membuatnya lebih baik di pertunjukkan selanjutnya dan bagaimana membuatnya berbeda. Saya tidak pernah puas dengan pertunjukkan saya dan selalu berusaha lebih baik di lain kali."
    Saya mencoba menulis blog tentangnya, semoga anda suka: http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/wawancara-dengan-maria.html

    BalasHapus